Pages

23 Juli 2012

Metode Kalibrasi Air Sampling Pump

Occupational Safety and Health Administration (OSHA) menggunakan metode yang bervariasi untuk memantau paparan terhadap bahan kimia dan debu di tempat kerja. OSHA mengharuskan air sampling pump dikalibrasi sebelum dan setelah pengambilan sampel. Terdapat beberapa metode yang direkomendasikan OSHA untuk melakukan kalibrasi antara lain.




Jarless Cyclone Calibration 

Jarless cyclone calibration merupakan metode untuk mengkalibrasi cyclone air sampling pump tanpa botol 1 liter. Sambungkan pompa dengan alat pengukur tekanan, sebuah Needle Valve dan Buble Meter elektronik yang telah dikalibrasi. Set flow pompa pada 1.7 lpm, dan set pembebanan pada water indication pada alat pengukur tekanan 2 hingga 5 inches. Tutup valve perlahan hingga alat ukur tekanan menunjukan 25 hingga 35 inches H2O. Laju alir harus tetap berada pada 1.7 lpm. Kemudian ganti beban dan Buble Meter dengan Cyclone dan filter yang baru, dan verifikasi beban yang dihasilkan berada diantara 2 dan 5 inches H2O. Perbedaan pembacaan harus berada pada range 2%.

Electronic Bubble Flow Meter 

Electronic bubble flow meter, seperti Gilian Gilibrator, memberikan pembacaan air-flow dan nilai rata-rata kumulatif dari banyak pengukuran. Instrumen ini mengukur laju alir dan menampilkan hasilnya dalam volume per satuan waktu. Hampir semua air sampling pump dapat dikalibrasi dengan metode ini. Tinggal basahkan bagian dalam dari electronic flow cell. Kemudian nyalakan pompa dan set sesuai laju alir yang dibutuhkan. Tekan electronic bubble maker untuk menghasilkan buble/ gelembung dan diukur waktunya secara elektronik. Instrumen akan merekam hasil pembacaan kalibrasi dalam satuan liter per menit (lpm). Set pompa dan ulangi pembacaan kalibrasi hingga 2 atau 3 kali, selisih pembacaan tidak boleh melebihi 2%. 

Dry-Piston Flow Meter 

Sebuah electronic dry-piston flow meter, merupakan peralatan kalibrasi air sampling pump yang dapat memberikan hasil langsung dan rata-rata pembacaan. Pressure atau Vacuum Flow Sources dapat dikalibrasi menggunakan metode ini. Range alir yang dapat diukur metode ini berada di antara 1 ml per menit hingga 30 liter per menit. Namun instrumen ini tidak dapat digunakan dalam lingkungan yang sangat berdebu. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar